Cara agar anak tidak mudah sakit

Presiden Jokowi Dorong Pemimpin Negara Dunia Lakukan Langkah Nyata Atasi Kesenjangan Vaksin Antarnegara

Target pemerintah pada akhir tahun ini, Indonesia telah melakukan program vaksinasi pada mayoritas masyarakat. Dengan program vaksinasi yang sukses maka harapan besar untuk mengakhiri mata rantai pandemi yang telah menginfeksi 109 penduduk dunia dengan angka kematian mencapai sekitar 2,4 juta jiwa itu bisa dicapai. Menkeu menambahkan dari estimasi belanja yang dibutuhkan untuk penyediaan vaksin dan program vaksinasi hingga sampai kepada masyarakat diperkirakan akan mencapai lebih dari Rp. Adanya vaksin dari COVAX ini tentu akan banyak membantu dari kebutuhan anggaran agar dapat memenuhi kebutuhan program vaksinasi.

Diplomasi vaksin Indonesia yang merujuk kepada usaha untuk mencapai kerja sama dalam mewujudkan penyediaan vaksin dan obat-obatan covid-19 agar dapat terjangkau oleh masyarakat Indonesia. Vaksin yang belakangan ditemukan juga menjadi harapan baru dalam upaya penanganan pandemi tersebut. Namun, vaksin dalam jumlah sangat terbatas itu berangsur menjadi rebutan seluruh negara. Presiden menjelaskan, Indonesia cukup beruntung karena berkat pendekatan-pendekatan yang dilakukan sejak jauh hari kepada beberapa perusahaan farmasi global yang memproduksi vaksin Covid-19, stok vaksin bagi masyarakat Indonesia dipastikan akan terpenuhi.

Diharapkan, upaya vaksinasi akan melindungi masyarakat dari Covid-19 agar tetap produktif secara sosial dan ekonomi. Selain itu, dinilai dari sisi ekonomi, upaya pencegahan melalui pemberian program vaksinasi akan jauh lebih hemat biaya dibandingkan dengan upaya pengobatan. Saat ini, kata Budi, jumlah rakyat dunia mencapai 7,8 miliar, untuk mencapai herd immunity , berarti harus ada 5,5 miliar Situs slot judi online resmi di Indonesia orang yang divaksin. Sementara kemampuan produksi vaksin dunia untuk berbagai macam virus adalah 6,2 miliar dosis per tahun. Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengatakan, prioritas penerima vaksin yang datang pertama ini untuk tenaga medis. Pada akhir November lalu Moderna mengaku telah mengajukan izin penggunaan darurat untuk vaksin Covid-19 kepada regulator Amerika Serikat dan Eropa.

Indonesia menjadi salah satu negara dengan masyarakat yang di Vaksin

Penentuan jumlah sasaran per kelompok penerima vaksin dilakukan melalui pertimbangan Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN). Penetapan jumlah sasaran per kelompok penerima vaksin untuk tingkat provinsi dan kabupaten/kota akan menjadi dasar dalam penentuan alokasi serta distribusi vaksin dan logistik vaksinasi dengan juga mempertimbangkan cadangan sesuai kebutuhan. Selain itu, WHO memimpin penyusunan Fair Allocation Framework , yang bertujuan untuk memastikan vaksin dan pengobatan COVID-19 dibagikan secara merata di semua negara. Kerangka kerja ini merupakan bagian penting dalam Access to COVID-19 Tools Accelerator (Instrumen Percepatan Akses Alat COVID-19), suatu kolaborasi international untuk mempercepat pengembangan, produksi, dan akses setara pada tes, pengobatan, dan vaksin COVID-19.

Pada kesempatan yang sama, Guru Besar Mikrobiologi Klinik Universitas Indonesia, Prof. Pratiwi Pudjilestari Sudarmono mengatakan, kendala yang dihadapi di lapangan terjadi karena soal penyampaian informasi. Menurut Pratiwi, kelompok masyarakat demikian lebih sering menerima efek samping vaksin yang dianggap menakutkan. Menurut catatan Badan Kebijakan FIskal Kementerian Keuangan, hingga 6 April 2021, Indonesia sudah menyuntikkan thirteen,forty five juta dosis vaksin dan membawa Indonesia menduduki peringkat 8 negara dengan progres vaksinasi tercepat.

Di sisi lain, Indonesia melakukan kerja sama bilateral tersebut adalah untuk dapat menjalin hubungan baik dengan negara sahabat. Tentu keputusan negara mau memberikan vaksin dilandasi dengan hubungan baik dan Indonesia harus bergerak cepat untuk itu. Dengan demikian, pada periode tersebut diharapkan terkumpul 426,eight juta dosis vaksin untuk diberikan kepada 260 juta penduduk Indonesia.

Tiap individu akan mendapat dua dosis vaksin dengan selang waktu sekitar 14 hari antara suntikan pertama dan kedua. Saat ini, vaksinasi menginjak tahap kedua yang menyasar pada petugas pelayan publik dan lansia. Menurut dia, ada kelompok masyarakat yang justru lebih sering menerima informasi mengenai efek samping vaksin yang dianggap menakutkan.

Sementara di dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional ada dana untuk sektor kesehatan yang tidak terserap sebesar Rp 36,4 triliun. Airlangga menambahkan, sejauh ini, Badan POM tengah menganalisa data yang dikirim dari Tiongkok dan Brasil, kemudian dilakukan scientific trial di Bandung. Sehingga tentunya data-data tersebut akan dikaji untuk menentukan saftey dan eficacy keamanan dan efektivitas dari vaksin tersebut. Pemerintah Indonesia sendiri telah mendatangkan vaksin Covid-19 tidak hanya dari satu produsen dan negara.