Cara agar anak tidak mudah sakit

Ingin Meningkatkan Daya Tahan Tubuh? Coba Konsumsi Makanan Probiotik

Anda bisa melakukan jenis olahraga yang mudah dan tak terlalu berat; seperti berjalan kaki, lari, hingga senam selama 30 menit setiap hari. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga daya tahan tubuh atau imunitas. Sejumlah buah-buahan bisa meningkatkan daya tahan tubuh guna membantu sistem imunitas, untuk melawan penyakit dan virus corona. Rempah yang paling sering digunakan sebagai bumbu makanan ini mengandung zat allicin. Zat ini mampu menjaga fungsi sistem kekebalan tubuh dengan cara merangsang aktivitas dan produksi sel darah putih. Salah satu makanan yang masuk dalam kategori sayur ini sangat baik untuk menjaga imunitas tubuh.

Asupan terakhir yang bisa menambah imunitas anak adalah susu dan olahannya. Susu sangat kaya akan kandungan nutrisi di dalamnya, termasuk omega-3 dan vitamin B kompleks, C, D, dan E yang bisa menambah imunitas anak. Moms & Dads bisa memberikan Si Kecil susu setiap harinya sebanyak 2-3 gelas supaya dapat mencukupi kebutuhan nutrisi hariannya.

Puasa bukanlah halangan untuk melakukan aktivitas fisik seperti olahraga. Justru olahraga bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh Sahabat Paru sekalian. Pilihlah olahraga ringan dengan intensitas rendah seperti yoga, sit up, jogging, dan juga bersepeda. Jika disepelekan, stres yang tidak terkontrol dapat mengakibatkan penurunan fungsi imun tubuh. Oleh karena itu, sebaiknya kelola stres Anda dengan rutin berolahraga. Untuk tujuan meningkatkan kekebalan tubuh, Anda diharuskan berolahraga selama 30 menit setiap harinya.

Terdapat beberapa usaha yang dapat Anda lakukan untuk mencegah terinfeksi virus corona. Selain tetap berada di rumah, memperkuat daya tahan tubuh juga menjadi cara utama dalam mencegah penyakit yang saat ini mewabah, yakni Covid-19. Banyak orang tua mendesak dokter atau dokter anak memberikan resep antibiotik saat si Kecil sakit batuk pilek. Ingat bahwa antibiotik hanya mengobati penyakit yang disebabkan oleh bakteri.

Terakhir, melindungi masyarakat dari Covid-19 agar tetap produksi secara sosial dan ekonomi. Program vaksinasi nasional memiliki tujuan jelas dalam penyelesaian masalah di tengah pandemi. Oleh sebab itu, distribusi vaksin KONG4D perlu dilakukan dengan pengawasan yang ketat. Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 10 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Covid-19 menyebut ada empat tujuan vaksinasi.

Nutrisi seimbang ini meliputi pemberian zat makro dan zat mikro dalam setiap makanan yang dikonsumsi si kecil. Salah satu nutrisi yang bisa membentuk antibodi dalam tubuh adalah protein yang bisa Ibu dapatkan dalam susu, telur, ikan, daging merah, daging putih, dan kacang-kacangan serta hasil olahnya. Konsumsi Vitamin C. Agar sistem kekebalan tubuh tetap terjaga di tengah penyebaran virus corona saat ini, disarankan untuk mengonsumsi makanan dengan kandungan vitamin C tinggi. Jika daya tahan tubuh kuat, penyakit yang disebabkan oleh virus, bakteri, atau kuman tidak akan mudah menyerang. Makanan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi karena mengandung tinggivitamin C, di antaranya jeruk, jambu biji, pepaya, stroberi, dan kiwi. Sistem imunitas tubuh memiliki berbagai cara untuk mengatasi ancaman bakteri dan virus.

Cara untuk menambah daya tahan tubuh

Telur juga mudah dikreasikan menjadi beragam sajian enak yang pasti disukai Si Kecil. Telur kaya akan protein yang membantu membangun otot dan sel-sel tubuh anak. Bisa dibilang, telur merupakan superfood yang penting untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak. Pastikan telur dimasak hingga matang sempurna sebelum disajikan ke anak ya, Moms.

Tidak hanya itu, ubi juga merupakan makanan yang bebas kolesterol dan bebas lemak, lengkap dengan kandungan serat yang tinggi. Antioksidan dalam bluberi juga dapat meningkatkan sistem imun tubuh anak. Mengutip dari healthline.com, sebuah penelitian di tahun 2016 mencatat bahwa flavonoid memainkan peranan yang penting dalam sistem pertahanan kekebalan saluran pernapasan. Kurang tidur menyebabkan seseorang mudah terserang penyakit seperti batuk atau flu.